Beberapa Syarat Kerja di Bank yang Harus Kamu Siapkan

Bekerja saat Anda duduk manis di tempat ber-AC, make up yang terampil dan berpakaian rapi tentu menjadi impian kebanyakan orang. Ini karena semua orang berpikir bahwa ketika mereka dapat bekerja dalam kondisi seperti itu, dapat diartikan bahwa pekerjaan yang dilakukan adalah pekerjaan mapan.

Syarat Berkerja di Bank



Dikatakan sebagai pekerjaan mapan karena ketika bekerja, orang tersebut tidak harus memikul risiko keamanan atau harus memanas untuk mendapatkan penghasilan bulanan, karena orang yang bekerja di kamar yang nyaman dapat memiliki gaji tetap setiap bulan. Sebenarnya, ada banyak kategori pekerjaan dengan kondisi ini, salah satunya adalah bekerja sebagai karyawan bank.

Ketika seseorang bekerja di bank, pasti mereka akan bekerja dalam kondisi yang nyaman. Dari tempat, penampilan, pakaian hingga gaji, semua orang harus senang jika mereka bisa bekerja di bank. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang yang ingin bekerja di bank, bahkan banyak yang rela mengesampingkan latar belakang pendidikan mereka harus bekerja di bank, ini menunjukkan bahwa sangat nyaman bekerja di bank yang banyak diinginkannya. menempati posisi itu.

Namun pekerjaan yang nyaman seperti di bank tentu tidak akan mudah ditempati oleh siapa pun, harus ada keterampilan dan kriteria yang harus dimiliki oleh seseorang untuk dapat bekerja di bank. Hal ini bisa dilihat dari tahapan tes bank mulai dari tes akademik, tes non-akademik hingga persyaratan fisik untuk menjadi karyawan bank, tentunya ada kualifikasi dan standar yang tidak sembarangan.

Jika Anda ingin dapat bekerja sebagai pegawai bank, mulai sekarang Anda harus membuat persiapan untuk bekerja di bank, dari persyaratan fisik hingga persyaratan akademik, yang kesemuanya harus Anda persiapkan dengan hati-hati karena meskipun semua karier utama dapat digunakan untuk Berlaku di bank. alih-alih itu akan membebani Anda karena pesaing Anda akan meningkat.
Bagi Anda yang ingin dapat melewati tahap seleksi di bank, Anda dapat menyiapkan serangkaian hal di bawah ini karena kali ini, Work World akan meninjau tips untuk lulus seleksi di bank dan bersiap untuk bekerja di bank. Apa saja hal-hal yang harus disiapkan untuk bekerja di bank? Mari kita lihat di bawah ini.

Syarat dan keterampilan yang harus dimiliki untuk bekerja di bank

1 Diploma dan Kapasitas Akademik.
Ada beberapa tahap seleksi untuk dapat bekerja di bank dan tahap pertama adalah seleksi administrasi. Profesi pegawai bank masih menjadi primadona karena banyaknya peminat yang ingin bekerja sebagai pegawai departemen keuangan ini, tetapi banyak juga yang harus mengabaikan niat mereka karena persyaratan pendidikan minimum. Anda harus tahu bahwa persyaratan untuk menjadi karyawan bank adalah yang pertama bahwa pelamar harus memiliki ijazah S1 semua karir, kecuali obat-obatan dan keperawatan. Jadi, jika Anda ingin masuk sebagai pegawai bank, ijazah S1 adalah sesuatu yang wajib Anda miliki terlebih dahulu.
Setelah Anda memiliki ijazah S1, Anda juga harus dapat menunjukkan bahwa ijazah S1 Anda adalah milik Anda dengan hasil upaya Anda sendiri, bagaimana membuktikannya untuk dapat melewati tahap seleksi akademik. Tes akademik di bank biasanya berisi penghitungan ulang, penghafalan, dan penyesuaian gambar, sehingga perlu banyak berlatih untuk memenuhi syarat pada tahap ini.

2 menguasai materi perbankan
Anda harus tahu bahwa materi perbankan sangat rumit karena Anda harus melakukan perhitungan bunga, mengetahui dan memahami produk perbankan seperti deposito, kredit, debit, dan lainnya, yang pasti akan sangat membingungkan, tetapi semua ini adalah aspek yang harus dikuasai untuk menjadi karyawan bank. Anda tidak ingin, suka atau tidak, Anda harus belajar menguasainya sehingga Anda tahu dan memahami seperti apa pekerjaan di bank itu. Mengapa kita harus mengerti dan mendominasi? Karena produk perbankan akan menjadi tahap seleksi yang terbukti untuk Anda. Anda juga harus menguasai materi BI sehingga Anda bisa mendapatkan bantuan saat mengerjakan soal-soal ujian, ini juga berlaku ketika Anda masuk melalui Program Pengembangan Resmi atau rute ODP Bank.

3 Tes psikologi dan wawancara.
Tampaknya hal ini tidak asing bagi Anda karena tes psikologis dan wawancara kerja adalah tahap wajib yang harus dalam proses merekrut karyawan. Salah satu persyaratan untuk menjadi karyawan bank swasta atau persyaratan untuk menjadi karyawan bank syariah adalah lulus ujian psikologis dan wawancara kerja. Seringkali, Anda harus belajar tentang kiat lulus tes psikologis dan kiat lulus wawancara kerja jika Anda ingin dapat melanjutkan tahap pemilihan karier di bank. Biasanya, untuk tes psikologis dan wawancara kerja yang tidak jauh berbeda dari apa yang umumnya dievaluasi, Anda akan diminta untuk mengajukan beberapa pertanyaan psikologis dan juga memiliki pertanyaan tentang alasan mengapa Anda ingin menjadi karyawan psikolog. bank

4 persyaratan fisik
Kondisi fisik menjadi pegawai bank tentu tidak semena-mena seperti ketika Anda bekerja di perusahaan. Secara umum, setiap bank memiliki persyaratan fisik yang sama dan harus dipenuhi oleh setiap pemohon, yaitu, tinggi minimum untuk wanita 155 cm dan untuk pria 165 cm. Selain itu, Anda juga dilarang keras memiliki riwayat penyakit kronis atau saat ini menderita penyakit kronis. Menurut pengalaman beberapa orang yang melamar pekerjaan di bank, biasanya untuk mengetahui kondisi fisik mereka, bank akan melakukan pemeriksaan medis dari tes darah, urinalisis, analisis makan, irama jantung, berat badan dan tekanan darah. , dan ujian mata.

5 tes MMPI
MMPI adalah singkatan dari Minnesota Multiphasic Personality Inventory atau dalam bahasa Indonesia disebut psychometry. Tes psikometri ini meliputi tes kepribadian dan psikopatologi pelamar kerja yang ingin bekerja di bank. Intinya, dalam tes ini, bank hanya ingin tahu apakah kondisi mentalnya layak atau tidak untuk bisa bekerja di bank. Dari tes ini, bank dapat mengetahui bahwa itu dalam kriteria kasir, bank layanan pelanggan atau bahkan sebagai petugas. Anda dapat berlatih menghadapi tes psikometrik ini dengan mengerjakan pertanyaan online yang tersedia di Internet. Jika Anda melewati tahap tes seleksi ini, Anda akan mencapai tahap akhir dari wawancara, biasanya, ini adalah penawaran di mana Anda akan dijelaskan hak dan kewajiban Anda ketika Anda menjadi karyawan bank.

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Gaji Pegawai Bank BCA Semua Jabatan

Berapa Gaji Karyawan Bank BNI Semua Posisi

Gaji Pegawai Bank BRI 2019 Lengkap Terbaru